Senin, 10 Mei 2010

Samrah (Sambrah)

Samrah merupakan kesenian yang komplit. Didalamnya tergabung jenisjenis kesenian : Musik, pantun, tari dan lakon.

Istilah samrah mungkin berasal dari bahasa Arab "Samarokh" yang berarti "kumpul". Penamaan ini sesuai dengan kenyataan pada waktu yang lampau samrah ditampilkan pada saat-saat orang berkumpul setelah aeara "Maulid" dan "malam Angkat" dalam rangkaian upaeara pernikahan menurut tradisi Betawi, tanpa disediakan panggung cukup disediakan tempat tertentu saja. Pertunjukan musik dan tari Samrah /azim di/anjutkan dengan membawa eerita. Kalau pertunjukan musik dan tarinya diselenggarakan tanpa panggung, teaternya pun dengan sendirinya tanpa panggung, yakni dengan pentas berbentuk arena, sesuai dengan keadaan tempat. Komando sebagai tanda dimulainya pertunjukan, biasanya diueapkan oleh tuan rumah yang mempunyai hajat : "Ayo dong meja-kursi digeserin, piring mangkok dibenahin, Nyok deh kite nyerbu" maka diatas tikar yang terbentang, disitulah pertunjukan dilakukan. Tampak bahwa Samrah
tampil dalam pesta perkawinan, bukan pada upaeara lainnya. Mereka main karena diundang, tanpa dibayar, pemain dan hadirin hanya bertujuan menari hiburan belaka. Tidak mengherankan bilamana kostum para pemain Samrah yang asH berupa jas, kain plakat dan peei, suatu seragam yang biasa dipakai oleh kaum pria Betawi menghadiri upaeara pernikahan. Teater Samrah pada umumnya tidak menggunakan dekor, kadang-kadang ada yang melengkapinya dengan sebuah meja dan dua buah kursi. Cerita yang biasa dibawakan teater Samrah adalah dengan bahasa Melayu tinggi dengan banyak menggunakan kata-kata Melayu Riau seperti eneik, abang, tuan, gerangan, hamba dan fain-lain, walaupun diueapkan dalam, lafal melayu Betawi. Tonil Samrah ini sesudah perang dunia kedua popularitasnya dikalangan remaja makin berkurang. Peremajaannya mandeg. Hal ini mungkin karena lagu-agunya yang berbau "kuno" dengan iramanya yang lamban, atau karena musiknya sulit dimainkan, rata-rata bernada minor; atau karena tariannya yang berdasarkan gerakan silat seni bela diri yang masih belum meluas atau juga karena pantunnya yang jarang orang menghafalkannya luar kepala. Tokoh-tokoh samrah yang aktif dewasa ini antara lain Harun Rasyid, M. Zein, Arifin, Ali Sabeni dan lain-lain, yang rata-rata berusia lima puluh tahun keatas. Seperti halnya Dermuluk penyebaran Samrah terbatas di daerah tengah kota. Sampai sebelum perang dunia kedua, Tonil Samrah dimainkan melulu oleh kaum pria saja, baik penarinya maupun peran wanitanya. Mungkin hal ini adalah karena masyarakat Betawi termasuk kelompok yang ketat menganut agama Islam, sehingga haram bagi wanita untuk menjadi anak panggung. Pergelaran toni! samrah pada masa lalu terdiri dari beberapa bagian : ada pembukaan berupa tarian, ada nyanyian, ada lawakan dan lakon. Dalam membawakan eerita, eiri khas Samrah terlihat dari penyampaian maksud yang berbentuk pantun yang dinyanyikan. Sama seperti "pakem" opera, karena pada dasarnya toni! samrah juga berasal dari teater rakyat Melayu Riau yakni Teater Dermuluk, tetapi dalam perkembangannya berubah bentuknya setelah muneul di Betawi menjadi Melayu Betawi. Karena berbau opera itulah, para pemain Samrah harus paham dan pandai berpantun dan bernyanyi.

referensi :DINAS KEBUDAYAAN DAN PERMUSEUMAN PROPINSI DKI JAKARTA, Ikhtisar Kesenian Betawi, 2003

sumber :DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN

sumber: jakarta.go.id

Seperti telah disinggung di bagian terdahulu, Samrah merupakan salah satu saham suku Melayu pada budaya Betawi, baik musik, kostum dan tarinya, bahkan juga teaternya. Gerak tarinya banyak menunjukan persamaan dengan umumnya tari Melayu yang mengutamakan langkah-langkah kaki dan lenggang berirama. Berbeda dengan tarian Japin yang tampak menggunakan unsur-unsur jurus pencak silat, seperti pukulan, tendangan dan tangkisan yang distilir. Tari Samrah biasa dilakukan berpasangan atau perorangan.

Perbedaannya dengan tarian Betawi yang lain seperti tari Japin, Blenggo, Cokek dan Topeng terletak pada gerakan jongkok yang didalam Samrah disebut "salawi" yakni gerakan jongkok hampir seperti duduk bersila. Gerakan salawi ini lebih dari sekedar membungkuk, sehingga membutuhkan keterampilan tersendiri sebagai hasil latihan yang ulet. Kesamaan tari Samrah dengan tarian Betawi lainnya terlihat pada posisi tubuh agak membungkuk, salah satu ciri tari Betawi pada umumnya. Kesamaan lainnya adalah tari Samrah dapat juga dipakai sebagai "tari pergaulan". Biasanya penari Samrah turun menari berpasang-pasangan dan berjoget di iringi nyanyian seorang biduan, nyanyiannya berupa pantun dengan tema lagunya, umumnya tentang cinta keagamaan dan cinta wanita ( dengan ungkapan kata-kata merendahkan diri sebagai orang tak punya, yang buruk rupa namun bertekad mencintai wanita yang cantik.

Melihat iramanya, tari Samrah terdapat dua macam :

a. Yang berirama lembut : Tari Sawo Matang, tari Musalma, tari Mamira

dan lain-lain sesuai dengan irama lagu yang mengiringinya.

b. Yang berirama cepat : Tari bayang-bayang, tari jali-jali, Tari Cendrawasih

dan lain-lain.

Tokoh-tokoh Samrah berjasa mempertahankan kelangsungan hidup kesenian ini antara lain Harun Rasyid, Jajang S, Ali Sabeni dan lain-lain dengan Firman Muntaco secara pribadi seorang sastrawan / budayawan Betawi.

Referensi : Dinas Kebudayaan Dan Permuseuman Propinsi DKI Jakarta, Ikhtisar Kesenian Betawi, 2003

Sumber : Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

sumber: jakarta.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar